Pentingnya Supervisi di Dalam Manajemen Sekolah


Oleh: Dwi Feronika
Universitas Negeri Malang

Abstrak: Supervisi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Fungsi supervisi ada tiga, yaitu pengembangan staf (staf development), pengembanan kurikulum (curicculum development), dan perbaikan pengajaran (instructional development). Kegiatan supervisi pendidikan merupakan bagian integral dari pelaksanaan pendidikan di sekolah. Searah dengan digelindingkannya desentralisasi pendidikan, aka kegiatan supervisi pendidikan harus sesuai dengan semangat manajemen berbasis sekolah yang telah dikembangkan. Tujuan utamanya adalah agar sekolah bisa responsif terhadap kebutuhan siswa.
Kata Kunci: pentingnya supervisi, manajemen sekolah, supervisi sekolah
            Ditinjau dari sasaran supervisi, tujuan utama supervisi pendidikan adalah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru, terutama kemampuan da;am pembelajaran. Teknik pembelajaran yang sedang dikembangkan adalah teknik pakem (peran guru aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan), yang salah satu landasan utamanna mengacu pada metode pembelajaran quantum (quantum teaching).
            Guru aktif memantau kegiatan belajar siswa, memberikan umpan balik, mengajukan pertanyaan dan mempertanyakan gagasan siswa. Dari sisi siswa, bisa aktif bertanya, mengemukakan atau mempertanyakan gagasan. Sasaran akhir adalah siswa bisa mencapai perkembangan kemampuan yang optimal.
BAHASAN
            Kegiatan supervisi dalam manajemen sekolah adalah lebih memberikan otonomi atau kesempatan kepada guru dalam mengembangan diri sesuai dengan karakteristik dan kebutuhannya. Antara guru dengan kepala sekolah maupun dewan pendidikan harus terjalin yang baik. Semua guru diperlukan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan. Setiap guru dirancang secara ttepat dalam program pengembangan. Program pengembangan atau pembangunan juga perlu disesuaikan dengan kondisi sekolah. Hasil penelitian White (1992) menunjukkan bahwa kesempatan guru untuk terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah berpengaruh terhadap pertumbuhan jabatan guru. Hasil penelitian Bisset (1998) juga menunjukkan bahwa kegiatan supervisi yang berhasil cenderung banyak melibatkan guru secara bersama-sama dalam pelaksanaan supervisi. Pentingnya supervisi dalam manajemen sekolah mempunyai beberapa fungsi dan manfaat yaitu dapat mengkoordinir semua usaha sekolah, memperlengkapi kepemimpinan sekolah, memperluas pengalaman guru-guru, menganalisa situasi belajar dan mengajar serta mengintegrasikan tujuan pendidikan dan membantu meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru.


            Berdasarkan fungsi dan manfaat dari supervisi dalam manajemen sekolah, dapat digarisbawah bahwa inti manajemen sekolah adalah pemberdayaan semua komponen yang ada dalam organisasi sekolah. Terdapat kolaborasi dan sharing tanggung jawab di antara semua konsitituen sekolah, baik kepada sekolah, guru maupun siswa. Partisipasti orang tua siswa maupun masyarakat terhadap pelaksanaan pendidikan juga lebih besar.
Ada beberapa prinsip dalam manajemen sekolah (Imron Ali, dkk. 2004: 57), yaitu (1)pendidikan yang efektif melibatkan semua orang dalam proses pendidikan, (2)sekolah merupakan unit efektivitas pendidikan yang paling besar, (3)keputusan tentang sekolah yang paling baik dibuat oleh orang yang sekolah dan siswanya, (4)para guru membantu membuat keputusan tentang program-program pendidikan dan kurikulum, (5)sekolah secara mandiri membuat keputusan tentang alokasi dana berdasarkan semua informasi yang tersedia, dan (6)perubahan membutuhkan waktu melalui proses kerja sama dalam pengambilan keputusan, (Domset; 1996).
SIMPULAN
Pentingnya supervisi pendidikan dalam manajemen sekolah adalah untuk memberikan kesempatan terhadap guru agar dapat mengembangkan kemampuan dan daya kreasi guru sehingga guru lebih menyenangkan dan siswa merasa nyaman dan bisa lebih terbuka karena mereka merasa nyaman dengan situasi belajar dan teknik pembelajaran yang mereka dapatkan. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan pula inti kegiatan supervisi dalam manajemen sekolah adalah untuk memberikan kesempatan terhadap guru agar dapat mengembangkan kemampuan dan daya kreasi guru sehingga guru lebih menyenangkan dan siswa merasa nyaman dan bisa lebih terbuka karena mereka merasa nyaman dengan situasi belajar dan teknik pembelajaran yang mereka dapatkan.
SARAN
            Dalam rangka upaya meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar guru di kelas dan dan tercapainya suatu program pendidikan, seorang pendidik atau pembimbing dipandang perlu memantapkan lagi tentang cara-cara pelakasanaan pengelolaan supervisi pendidikan dan pengelolaan mutu pendidikan agar dapat didaya gunakan secara optimal.
SUMBER
Imron, Ali. 2004. Perspektif Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang


Comments

Popular posts from this blog

FAKTOR DAN DAMPAK PERKEMBANGAN MORAL DAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK

KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN

Pacaran dan Perilaku Seksual Remaja